Tuesday, August 23, 2016

PERSAMI 2016 : Pemantapan Persiapan Expo 2016

SMPIT Thariq Bin Ziyad- Tujuan perkemahan kali ini adalah sebagai persiapan final untuk expo organisasi tahun ini. Expo bertujuan untuk mengenalkan organisasi tersebut seperti apa dengan cara menampilkan penampilan yang berkaitan dengan organisasi tersebut. Tentu untuk menampilkan penampilan tersebut harus diawali dengan latihan-latihan. Nah, Pramuka pun telah menjalankan latihan-latihan awal, lalu PERSAMI ini sebagai pemantap latihan tersebut.

Pada Expo kali ini, Pramuka menampilkan flashmob yang dikolaborasikan dengan beberapa gerakan dasar PBB sebagai pembuka. Lalu ada pembuatan menara pandang sederhana, tandu, tenda, tongkat regu, gapura, semaphore, dan LKBBT. Sebagai akhirnya, akan ada pengantungan spanduk Pramuka TBZ diantara dua gapura. Semua rangkaian itu akan dilatih terus-menerus dalam PERSAMI kali ini.

Selanjutnya saya akan menjelaskan lebih rinci apa yang akan dilakukan para anggota Pramuka dalam Expo kali ini.

FLASHMOB


Yap yang pertama flashmob. Mereka awalnya akan berkumpul setelah lagu latar diperdengarkan. kemudian mereka akan melakukan beberapa gerakan dalam PBB seperti hormat, hadap kanan, hadap kiri, dan masih banyak lagi. Yang mereka lakukan tidak semudah yang dikira. Mereka harus menyesuaikan gerakan dengan lagu dan satu lagi, mereka pun harus kompak. Jadi sudah pasti ini tidak mudah

 TANDU


Selanjutnya ada yang membuat tandu. Tandu yang dibuat ini tidak seperti tandu yang biasa dibuat. Tandu ini terdiri dari dua bambu panjang dan dua bambu pendek yang diikat oleh simpul jangkar dan ikatan palang. Selain itu, mereka harus membuat tandu ini dalam jangka waktu kurang dari 10 menit. Dan ada yang lebih hebat lagi, tandu ini hanya dibuat oleh 2 anggota yang masih duduk dikelas 8. Hebat sekali ya mereka. Memang awalnya mereka belum bisa membuat tandu yang baik. Tapi setelah latihan dan latihan, mereka akhirnya bisa membuat tandu yang lebih baik

TENDA

Kemudian ada yang mendirikan tenda. Membuat tenda itu tidak mudah. Ada beberapa kendala yang bisa terjadi. Seperti rangka yang kurang, rangka yang terputus dari yang lain, dan masih ada yang lain. Tentu ini membutuhkan kerja sama yang maksimal. Selain itu, mereka tidak hanya membuat satu tenda, tapi dua tenda. Beri tepuk tangan untuk mereka.

TONGKAT REGU


Lalu ada yang membuat tongkat regu. Bagi yang belum tahu tongkat regu, tongkat regu adalah tongkat yang dipegang oleh seorang pemimpin regu yang diberi tambahan selempang agar mudah dibawa. Membuat tongkat regu itu tidak mudah. Selain ikatannya yang tidak mudah, mereka harus membuat ikatan itu dengan kuat.

SEMAPHORE


Selanjutnya ada yang memperagakan alfabet menggunakan semaphore.  Sebenarnya, untuk menghafalkan alfabet dalam semaphore tidak sesulit yang dikira. Setelah dilihat lagi, ternyata gerakan tangannya berurutan per bagian-bagian. Jadi tugas mereka tidak terlalu sulit. Tapi, selain memperagakan alfabet, mereka juga akan mengeja kalimat "PRAMUKA TBZ" agar mereka lebih tertantang.

MENARA PANDANG SEDERHANA


Kemudian ada menara pandang sederhana. Ini adalah salah satu yang paling sulit dibuat pada Expo kali ini. Pertama mereka akan membuat menara kaki tiga. Membuat menara kaki tiga itu sulit karena ikatannya berlapis-lapis dan harus kuat. Kemudian, mereka harus membuat penyangga untuk kaki menara tersebut agar tidak mudah jatuh. Tapi, untuk mempermudah tugas mereka, mereka hanya akan membuat penyangganya saja.

LKBBT



Lalu ada LKBBT. Bagi yang belum tahu, LKBBT konsepnya sama seperti PBB, hanya saja LKBBT ini dengan mengunakan tongkat. Ini termasuk sulit, karena selain gerakannya harus benar, gerakan mereka pun harus kompak.

GAPURA


Dan yang terakhir ada gapura. Gapura konsepnya sama seperti menara pandang hanya saja lebih kecil. Untuk versi yang kali ini, mereka tidak perlu membuat penyangga kakinya, jadi mereka hanya fokus untuk membuat ikatan utamanya. Seperti yang kita tahu, gapura itu memiliki dua sisi di kanan dan kiri. Jadi, mereka tidak hanya membuat satu, tapi "DUA".  Selain membuat gapura, mereka pun yang nanti akan menggantungkan spanduk PRAMUKA TBZ tersebut. Hebat sekali ya mereka.

Jadi seperti itulah persiapan yang diadakan saat persami. Walaupun awalnya hancur, tapi terus-menerus latihan, pasti akanlebih baik. SALAM PRAMUKA!!!!!

(RNW)


0 comments:

Post a Comment