Thursday, August 11, 2016

Kemnas 3 , Malang 1-8 November 2015

   Hai guys... apa kabar?? ان شاء الله baik-baik saja bukan? Ok, kakak disini mau nge share nih guys pengalaman kakak saat KEMNAS 3 di Malang. Ada yang tau gak KEMNAS itu apa? Hmm? Ya udah deh kakak jelasin aja. Jadi gini, KEMNAS 3 merupakan acara yang diselenggarakan oleh JSIT(Jaringan Sekolah Islam Terpadu) se-Indonesia. Dari KEMNAS sendiri memiliki makna yang berarti "Kemah Ukhuwah Nasional" yang diikuti oleh siswa-siswi dari jenjang SD - SMP. Jumlahnya sangat padat guys. Sekitar 7100 penggalang dan 710 regu. Jika dihitung 1 Regu berisi 10 orang guys.

   Nah, الحمد لله nya SMPIT Thariq Bin Ziyad termasuk SMP yang jenis nya SIT. Jadi sekolah kami bisa ikut hadir di acara itu. Sayangnya karena kuota nya terbatas, Sekolah kami hanya membawa 3 regu saja ke Kota Pariwisata tersebut. 2 regu ikhwan dan 1 regu akhwat. Syarat- syarat nya nih guys ;

- Anggota Pramuka tingkat Penggalang.
- Mewakili SIT yang tergabung dalam keanggotaan JSIT
- Melakukan pendaftaran online melalui website resmi Kemah Nasional.
- Terpisah regu ikhwan dan akhwat
- 1 regu terdiri dari 10 penggalang dan 2 pembina.

   Tentunya.. yang ikut KEMNAS harus siap-siap capek guys. Soalnya jadwalnya padet banget. Dari mulai Persiapan sampai KEMNAS selesai. Untuk persiapan yang "matang" kita harus mengambil di hari selain hari Senin-Jum'at guys. Karena ga bakal puas kalo cuma 1-2 jam doang. Jadi kita bermusyawarah.. berunding.. "Kapan nih latian??" "dimana nih latian nya??" bla bla bla... akhirnya ya terpaksa hari Minggu kita latihan, di sela-sela yang lain pada enak enakan dirumah kita mah latian dari pagi ampe sore. Tapi ya itu guys kunci keberhasilannya. Untuk mencapai sesuatu yang matang itu gabisa cuma enak-enakan nonton film dirumah atau nge game. Butuh proses....

   Kalo ditotal dari keberangkatan sampai pulang ke rumah tercinta sih kurang lebih seminggu lebih guys kita disana. Dari mulai tanggal 1-8 November 2015. Perjalanan kita dari sekolah naik bus, baru setelah itu kita kereta. Berangkat dari Ps. Senen ke stasiun Malang baru kalo ga salah. Nah itu perjalanan sekitar sehari ada mungkin di kereta. sholat makan segala macem survive kita di kereta.

   Hari pertama kita di Malang tepatnya di Perkemahan Coban Rondo. Kita langsung bangun tenda, bersihin lapak, bangun rak sepatu bangun rak piring bikin pager. pokoknya sibuk dah.. kakak itu paling cape malah di hari pertama disana. Pas di Coban Rondo tu emang waktu yang paling nikmat ya nikmat tidur. Suhu nya jangan ditanya lagi guys. Suhu di Malang itu keren. Mungkin jarang jarang ya orang Bekasi ngerasain udara yang 180 derajat beda banget. Di Malang itu walaupun siang, dibawah sinar matahari itu ga dingin. Paling silau doang kena cahaya. Dah kebayang kan dinginnya kaya gimana?

   Dateng jauh jauh dari Bekasi kan sayang ya melewatkan berbagai macam wisata yang ada di Malang. Tau kan kalau julukan Kota Malang itu Kota Pariwisata? disana itu banyak banget wisata wisata yang seru... kaya JatimPark 1, JatimPark 2, Museum Angkut, BNS (Batu Night Spectaculer). Dan tentunya masih banyak lagi.  Jangan lewatkan Gunung Bromo nya guys...

 ECO GREEN PARK salah satu tempat wisata yang di kunjungi saat kemnas

Disamping kita berwisata kita juga seru seru an nih guys di Coban Rondo. nih Agenda kita disana :
Ada
- Scout Challenge
- Edutrip Jatimpark ( Penggalang SD)
- Karnaval Budaya
- Konser Akbar Derap PSIT Indonesia yang dimeriahkan "Justice Voice"
- Jungle Tracking
- Memanah
- ARHANUD
- Scout Workshop yang terdiri dari : Robotik, hydroponik, penjernihan air, biogas, IT, seni boga, Ice cream, Paracord handycraft, sceince, kripik buah, dan fermentasi susu.

Kunjungan ke ARHANUD (Armada Pertahanan Udara)
Memanah

Junggle Tracking

Gimana? udah ngiler belom bacanya? Temen kakak yang ngga ikut KEMNAS aja nyesel tuh...

   Di hari terakhir, ada pembagian hadiah berupa piala penghargaan tapi sayangnya, sekolah kita kurang beruntung... mungkin generasi penerus Pramuka SMPIT Thariq Bin Ziyad yang akan datang atau kamu yang lagi baca إن شاء الله bisa membawa nama Sekolah kita ke jenjang nasional Lagi. آمين

   Di Sana itu beragam, dari orang papua sampai orang aceh ketemu. Malah sampai sampai ada Penggalang Malaysia dan Thailand yang ikut KEMNAS. Nah dari berbagai perbedaan itulah kita harusnya bisa share.. berbagi cerita.. berbagi keragaman budaya.. Jangan malah yang keempat ya guys.. jangan malah karena orang papua kulitnya ngga putih jadi kita katain... Ya karena الله menciptakan kulit kita dengan berbagai warna itu ya untuk bisa survive di tempat tersebut.


Anggota KRS (Kadet Remaja Sekolah) dan anggota pramuka SMPIT Thariq Bin Ziyad

Karena ya inti dari tujuan KEMNAS ini ya menjalin Ukhuwah. gapeduli dia pendek.. gapeduli dia jelek.. gapeduli dia item.. yang penting itu kerjasama.. teamwork yang utama. Karena sejago-jagonya kamu, klo ngga ada teamwork di diri kamu ya power kamu useless. ngga guna lagi. Ibarat kamu main bola tapi cuma kamu yang main. Ok? I kow You Can (!)

(ANA/e)


0 comments:

Post a Comment