Sunday, August 7, 2016

Ekskur EXPO 2016

KIR (Karya Ilmiah Remaja) merupakan salah satu Ekskur di Thariq Bin Ziyad.

SMPIT Thariq Bin Ziyad- Belum lama ini disekolah kami ada event yang bernama "Ekskur EXPO". Event itu bukanlah yang pertama kali di selenggarakan disekolah kami. Dan sesuai namanya yaitu "EXPO"... sudah kebayang kan event nya seperti apa??? Mungkin dari kalian masih ada yang baru pertama kali melihat/mendengar kata kata "EXPO" dan kepala kalian akan bertanya tanya "Expo itu apa sih, Kak?" "Manfaatnya Expo itu apa sih, Kak?" "Kenapa sih Kak,harus ada Expo disekolah?" Nih... saya kasih gambarannya.. Jadi sesuai namanya yaitu EXPO atau "EXPOSE"yaitu sebuah event yang tujuan utamanya adalah Memberi Penggambaran. Layaknya sebuah Gambar, yang akan dimulai dengan Sketsa. Nah sekarang udah ngerti kan Ekskur EXPO itu apa ??

Event ini dilaksanakan pada hari Jum'at tanggal 22 Juli 2016. Penampilan-penampilan ekskur ini dibagi menjadi 2 Gelombang. Gelombang pertama itu dari jam 10.00-11.30 WIB yang dianggap penampilannya dinilai Cepat waktunya karena yang Ikhwan harus segera Sholat Jum'at. Lalu ada gelombang kedua, dari setelah Ishoma sampai menjelang Ashar. Ekskur yang ditampilkan berupa ekskur-ekskur yang bersifat olahraga atau bisa dibilang "resfreshing" karena jujur saja, materi yang dipelajari di SMP itu tidaklah Mudah... terlebih lagi untuk yang kelas 9. Jadi pilihan ekskur ekskur ini sangat cocok sekali untuk mereka.

Penasaran ada ekskur apa aja?? Lets cek it out...



Ekskur Pertama..Kalau dari gambar ada yang udah kebayang ini ekskur apa??? Kalau dari kata kata "Cheer Up" sama "wear" sih udah ketauan kalo ini adalah English Club. Yup! disini mereka menampilkan sebuah "Quiz" Yang dipandu oleh anggota ekskur tersebut sendiri. Dan akan ada penonton yang terlibat di Quiz itu salah satunya adalah Raihan Yudanta dari kelas 8G. Dia berani dan mau untuk maju menjawab Quiz tersebut.




Nah ini dia Stand KIR guys... di Ekskur Expo KIR merupakan penampilan yang bisa tergolong sangat seru dan lama. lihat saja di standnya terdapat beberapa dari sekian banyaknya mereka melakukan percobaan. Nah salah satu yang membuat saya kagum itu Gunung berapi. Karena saya penasaran, saya mencoba untuk mewawancarai salah satu teman saya. Bahan-bahannya ada Koran, nampan, botol, cuka dan baking soda. Nah caranya itu  Letakkan botol diatas nampan. Lalu basahkan koran sehingga bisa berbentuk seperti gunung berapi. Lalu campur cuka dan baking soda. dan Whushh... keluarlah isi isi dari gunung berapi itu.



Inisih udh kelihatan banget ekskurnya.. Ini dia ekskur Bahasa Jepang. dipenampilannya mereka bernyanyi.. yang judulnya bikin saya agak pusing. beberapa lagu yang dinyanyikan ada:

-ドラえもん = Doraemon
-  ミライ = Mirai
- あなたは幸せな拍手をしている場合 = Kalau kau suka hati tepuk tangan.



Ini adalah ekskur karate. karate merupakan seni bela diri dari Jepang. teman saya biasa memanggil gurunya dengan sebutan 先生 (sensei). di karate ada beberapa tingkatan.. tingkatan-tingkatannya adalah sabuk kuning, hijau, biru, coklat dan hitam. Nah diSMP Thariq Bin Ziyad sudah punya kandidat sabuk hitam nih guys.. namanya Vivi. Sekarang dia duduk di bangku kelas 9. Banyak sekali lomba yang telah dia menangkan. Tapi menurut dia, Di Sirkuit 3 lah lomba yang paling berkesan buat dia. Dia mendapat kan medali "emas" disirkuit yang ada di Bandung itu. Sirkuit 3 merupakan tingkatan se-provinsi Jawa Barat. dan nanti dia akan bertanding lagi di Sirkuit 4 di Bogor. Good luck ya.. semoga berhasil kembali membawa nama baik sekolah ke cabang yang lebih besar...



Ini ekskur Futsal. ekskur ini hanya bisa diminati oleh ikhwan saja ya guys.. dan difutsal ini juga ga kalah ber-prestasi ketimbang karate. di Futsal kita selalu mengikuti liga bernama AAFI. Liga ini diselenggarkaan setiap tahunnya. Dan الحمد لله nya Futsal TBZ juara 1 diTingkat Nasional.. waww keren kann...

Nah selain beberapa ekskur yang saya sebutkan tadi masih ada ekskur eksur lain seperti IT Club, Seni Lukis, Fotografi, Tata Boga, Badminton, dan Bahasa Arab yang menjadi ekskur baru tahun ini. Sebenarnya ditahun lalu ada ekskur Robotika, namun ekskur itu dihapus karena butuh modal yg banyak. Tetapi tetap saja... ekskur apa saja asalkan itu minat kalian.. bakat kalian.. jika kalian senang dengan itu, maka tidaklah akan menjadi beban dan jangan menyesal dengan pilihanmu... Just Be Yourself, Ok (!?)

 -ANA-






0 comments:

Post a Comment