Monday, September 12, 2016

Penaklukan Konstatinopel dalam Outbond -LKTD 2016



Hai kalian!! Berjumpa lagi dalam artikel yang satu ini. Dalam artikel ini, kalian akan membaca tentang salah satu rundown dari acara utama yaitu, LKTD. Nah, rundown tersebut adalah outbond. Mungkin kalian telah membaca artikel sebelumnya mengenai pemutaran film konstatinopel. Di outbond ini, peserta LKTD kelas 7 diajak untuk mengetahui bagaimana menaklukan konstatinopel. Di sini terdapat 10 pos yang harus mereka lewati bersama pasukannya. Pos tersebut adalah :
1.       Golden Horn
Mereka disuruh mengangkat  kapal yang terbuat dari bamboo dengan mata tertutup kecuali para pinrunya untuk memberikan instruksi dan tidak boleh mengenai pohon yang terdapat di daerah situ.
2.       Dragon Tunnel
Dalam pos ini, mereka disuruh untuk melewati kotak sampai ke tempat merayap. Satu orang satu kotak. Mereka melewatinya dengan cara menaiki teman yang berada pada kotak tersebut tanpa mengenai tali rapia. Setelah sampai di  ujung mereka harus merayap keluar.
3.       Ranjau Darat
Pos ini seperti permainan tac tic bomb. Mereka tidak boleh sampai menginjak kotak yang berisi kata kunci “bomb”. Di sana juga terdapat permainan tangan kusut dimana tangan tersebut berpegangan dengan teman seberangnya dan mengakalkan supaya tangan tersebut tidak kusut lagi sehingga berbentuk lingkarang tanpa melepas genggaman tersebut.
4.       Jungle Survival
Di sini mereka harus mengambil singkong dari pohonnya. Dengan syarat jika pohon itu sudah ditarik lalu di akarnya tidak terdapat singkong maka mereka tidak boleh mengambil pohon lain. Setelah sudah dapat mereka harus mencuci singkong tersebut di sungai dan menjaganya sampai kegiatan outbond ini berakhir.
5.       Sholat dan Tilawah
Pos ini harus melaksanakan solat. Jika mereka sampai sesudah dzuhur maka mereka melaksanakn solat Dzuhur dan Ashar di jamak, jika mereka sampai sebelum Dzuhur maka mereka melaksanakan solat Dhuha 2 rakaat.
6.       Crocodile River
Dalam pos ini, pertama mereka disuruh untuk merosot dari perosotan yang ada di pos tersebut. Kemudian mereka harus berjalan melewati sungai dengan satu bambu.
7.       Perang 53
Di sini, pertama mereka disuruh untuk mengisi amunisi yang akan digunakan mereka nanti berperang. Kemudian mereka berperang menggunakan amunisi tersebut. Yang sudah terkena amunisi itu minggir dan dinyatakan kalah.
8.       Tenda Sulthan
Pos ini memerintahkan kepada mereka untuk mendirikan suatu tenda.
9.       Benteng Byzantium
Mereka harus melewati setiap kotak yang ada sudah dibuat oleh penanggung jawab pos tersebut. Dengan syarat, tidak boleh mengenai tali rafia yang ada di pinggirnya. Biasanya, dari akal mereka untuk melewati kotak itu dengan menggotong badan temannya.
10.   Intifadhoh
Di pos ini, mereka disuruh untuk melemparkan batu dan mengenai botol botol dengan ketapel sampai botol tersebut jatuh.

Nah, itu adalah cara main dari setiap pos yang terdapat di sana. Ada beberapa pos yang sebelum memulai permainan, disuruh untuk menghafalkan hadist tentang konstatinopel. Berikut bunyi hadistnya,
Latuftahanna alkonstatiniah fala ni’mal amir amiruha wala ni’mal jaiz zalikal jaiz” artinya:  Kota konstatinopel akan jatuh ketangan islam. Pemimpin yang menaklukannya adalah sebaik baik pemimpin dan pasukan yang berada dibawah komandonya adalah sebaik baik pasukan. [ H.R Ahamd bin Hanbal Al-Musnad 4/335]

 Masing masing pos tersebut terdapat hikmah yang terselip di pos itu. Saya simpulkan hikmah dari semua pos itu adalah:
·         kemampuan individu seorang pramuka memanglah penting, tapi yang lebih penting adalah kerjasama team “ – Alvaro
·         “Dalam keadaan apapun harus tetap melaksanakan sholat. Entah itu sakit, berperang,kotor atau lainnya. “
·         “Kita tidak boleh masuk kedalam kesalahan yang sama “ – Ranjau Darat
·         “percaya dan patuhi semua kata yang dilontarkan oleh pemimpin”



(Widyastuti Kusuma)

0 comments:

Post a Comment