Sunday, April 17, 2016

Ini Dia Tips-Tips Pertolongan Pertama Saat Mimisan

                                             via Google.

SMPIT Thariq Bin Ziyad - Pasti Kalian pernah punya teman atau suka melihat orang yang sedang mimisan di Sekolah. Mungkin Kalian ingin membantunya tetapi tidak tau solusinya. Jan khawatir lagi. Saya akan memberikan Tips-tips pertolongan Pertama saat teman kalian Mimisan. (17/4/2016)

1. Pencet Hidung.
Ini merupakan hal yang paling mudah dilakukan saat kita tau bahwa kita sedang mimisan. Suruh teman anda yang sedang mimisan untuk segera memencet hidungnya.agar darah yang keluar tidak terlalu banyak.

2. Carilah tissue atau kain yang intinya dapat menahan darah dari hidung.
Sebagai orang yang pertama kali melihat kejadian. Carilah tissue untuk menahannya. Anda bisa meminta bantuan teman sekelas yang sedang membawa tissue atau segera beli di kantin. Tidak usah khawatir. Uang yang kalian keluarkan untuk teman kita yang sedang sakit tidak akan sia-sia.

3. Cek apakah darahnya sudah tidak keluar.
Jika darahnya sudah tidak keluar berarti darahnya sudah menggumpal. Setelah itu...

4. Pergi ke Toilet tuk buang gumpalan.
Bawalah teman anda yang sedang mimisan ke toilet untuk di buang gumpalan darahnya.

5. Cek kembali. Apakah darahnya sudah benar benar tidak keluar.
Jika darahnya masih keluar, Tahanlah kembali hidung temanmu pakai tissue.

6. Jika Mimisan sudah lebih dari 1 Jam, Pergilah ke THT.

"Ini Penting!!! Klo berlanjut, hubungi dokter Dan ingat untuk selalu menundukkan kepala... Jika tidak, Darah bisa mengalir ke Paru-Paru dan bisa membuat anda muntah darah.... Ingat!! ini mimisan, bukan sesak nafas" Ujar Faris selaku mantan PMR SMPIT Thariq Bin Ziyad.

Janganlah di anggap remeh mimisan ini. Dan tanamkan sejak dini sikap Menolomg. Karena di Pramuka juga di ajarkan dalam Dasadarma nomor 5 Yang berbunyi " Rela Menolong dan tabah"

Ikhlas lah untuk semua Hal kebaikan... jangan melalukan karena ingin dipuji... Amal kita akan sia-sia dimata Allah. " Berlomba lah kalian untuk Hal Kebaikan"(ANA)

0 comments:

Post a Comment