Thursday, April 21, 2016

Edu Visit To DPR RI

Foto: Rafif Naufaldi Wibowo
Jakarta-Dalam rangka kegiatan pembelajaran, siswa/i kelas 8 SMPIT THARIQ BIN ZIYAD melakukan edu visit ke gedung DPR RI.  Kegiatan ini bertujuan untuk memprdalam dalam pengetahuan siswa tentang DPR, dari segi pengertian, fungsi, sampai sejarah.

Kegiatan ini dimulai dengan para siswa berkumpul di Masjid Raya Jatimulya untuk memulai perjalanan. Sebelum berangkat, para siswa berdoa kepada Allah swt. agar diberi keselamatan, kelancaran, dan kegiatan ini diberi keberkahan.

Setelah sampai, para siswa memasuki operation room untuk menerima materi. Selaku pembicara adalah Bapak Saeful dan Kak Indah. Keiatan ini adalah puncak dari acara Edu Visit ini. Para siswa mendengarkan materi dengan baik. dari materi ini, para siswa mengetahui bahwa siapa saja bisa menjadi anggota DPR, bahkan seorang atlet, sebagaimana yang dikatakn Pak Saeful, "Atlet yang ingin membuat pemerintah lebih peduli kepada atlet yang sudah pensiun, mereka bisa masuk DPR."

Kegiatan dilanjutkan dengan berkeliling gedung DPR. Pertama, mereka menuju ke museum DPR. Di museum DPR ini, mereka bisa mengetahi lebih laut tentang sejarah DPR. Di museum tersebut pun juga ada alat musik tradisional Gamelan. Salah seorang siswa yang bernama Andika sempat ingin memainkan alat musik tersebut, tetapi dia sudah hampir tertinggal rombongan jadi dia mengurungkan niatnya tersebut. Lalu, para siswa menuju ruang rapat paripurna. Di tempat inilah para Presiden Indonesia dilantik. Di sana mereka diberitahu tempat duduk ditempati oleh siapa. Misalnya, di depan sebelah kanan dan kiri dalah milik Presiden dan Wakil Presiden RI yang tidak diduduki oleh siapapun.

Kegiatan ini diakhiri denagan berfoto, Sholat Dzuhur, dan makan siang. Lalu, para siswa kembali ke bis untuk perjalan pulang ke Masjid Raya Jatimulya. Mungkin saja dengan adanya kegiatan ini, ada siswa yang berharap untuk kembali ke DPR sebagai Anggota DPR. Atau mungkin saja ketua.(RNW)

[Rafif Naufaldi Wibowo 8E]

0 comments:

Post a Comment